Komunikasi Pemasaran pada Fresh
Care
Oleh:
Merry Astina Tarigan (11110109)
Manajemen B (Pagi)
Semester V
STIK BINA KARYA TEBING TINGGI
2013/2014
Komunikasi
Pemasaran pada Fresh Care
Sejak lama masyarakat Indonesia mengenal produk minyak
angin. Aroma dan kehangatannya dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit
ringan, seperti flu, sakit kepala, mual, dan banyak lagi. Namun, bau menyengat
dan citra sebagai produk orang tua membuat kategori produk minyak angin seperti
jalan di tempat.
Fakta di pasar tersebut tak membuat PT Ultra Sakti
urung masuk ke kategori ini. Di bawah manajemen baru, perusahaan yang selama
puluhan tahun bergerak dalam produksi obat etikal ini, pada pertengahan tahun
2010 secara berani meluncurkan produk minyak angin yang diberi merek Fresh
Care.
Fresh Care hadir dengan kemasan botol kaca yang
terlihat modern. Produk ini dibuat dalam bentuk roll-on, sehingga lebih
praktis digunakan. Selain itu, sesuai dengan namanya, Fresh Care tampil dengan
aromaterapi yang menyegarkan dan sama sekali tidak menyengat.
1.
Bauran Komunikasi Pemasaran.
a.
Periklanan (Advertising)
Fresh Care
memakai bintang muda Agnes Monica sebagai bintang iklan Fresh Care di anggap
dapat mewakili orang modern. Apalagi Agnes Monica dipersepsikan cantik, muda,
energik dan tipe bergaul. Maka minyak angin ini bisa masuk ke kalangan
sosialita juga.
b.
Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Setelah
distribusinya dinilai cukup merata, PT Ultra Sakti pun menggebrak pasar dengan
promosi secara gencar. Promosi baik above the line (ATL) maupun below
the line (BTL) dijalankan secara bersamaan dengan frekuensi yang
cukup tinggi.
Aktivitas ATL yang dilakukan yaitu
mengeluarkan iklannya yang di bintangi oleh bintang muda Agnes Monica. Dimana
pada iklan itu dinyatakan benerapa pendapat dari berbagai kalangan seperti
mereka yang senang traveling,
mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan lainnya.
Adapun
aktivitas BTL yang dilakukannya berbeda di setiap daerah. Sebagai contoh, di
Jawa Timur, Fresh Care memenetrasi melalui konser musik dangdut. Sementara di
Jawa Tengah, banyak bergerilya melalui pengajian, sedangkan program Jalan Sehat
dilakukan di Jawa Barat.
c.
Acara Khusus dan pengalaman
Fresh Care
hadir dalam beberap kegiatan seperti di Jawa Timur, Fresh Care
memenetrasi melalui konser musik dangdut. Sementara di Jawa Tengah, banyak
bergerilya melalui pengajian, sedangkan program Jalan Sehat dilakukan di Jawa
Barat.
Di
acara Televis sendiri Fresh Care sempat mempromosikan dirinya pada acara YKS
(Yuk Keep Smilel). Dengan Harapan makin banyak konsumen yang tertarik untuk
menggunakan produk dari PT Ultra Sakti tersebut.
d.
Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Adapun
hubungan Masyarakat yang yang terjadi adalah, periklanan baik dari televisi
maupun acara-acara khusis seperti YKS yang telah di sebutkan tadi.
e.
Pemasaran Langsung
Adapun
pemasaran langsung yang di lakukan adalah pendistribusian langsung maupun
melalui media online.
f.
Pemasaran dari mulut ke mulut
Pemasaran dari mulutu kemulut di lakukan oleh orang-orang yang sudah puas
dengan apa yang disajikan oleh Freh Care itu sendiri. Contohnya saja, saat saya
puas dengan produk ini, maka saya akan menceritakannya pda orang yang ada di
sekeliling saya.
g.
Penjualan Pribadi
Contohnya
melalui akses ke situs abdurrahmancolection.indonetwork.co.id.
Di website tersebut konsumen bisa membeli produk Fresh Care secara langsung.
2.
Perspektif yang digunakan:
Pada Ikan
Fresh Care, ditayangkan berbagai pendapat tentang kepuasan dan kenyamanan dari
beberapa kalangan tentang pendapat mereka memakai Fresh Care. Hal ini bertujuan
untuk memancing pemirsanya untuk dapat mengetahui bahwa Fresh Cere itu cocok
untuk semua kalangan dan berkhasiat. Oleh karena itu, perspektif yang digunakan
adalah CPM (Consumer Prossesing Model).
3.
Merancang Komunikasi
a.
Strategi Pesan.
“Yang
lain, We don’t Care”
Merupakan
janji dan harapan dari produsen agar konsumen menjadi royal terhadap produk
tersebut dan tak beralih dengan produk lain yang merupakan saingannya.
b.
Strategi Kreatif
·
Daya Tarik Informasional
Iklan Minyak
Angin yang kemasan modern dengan aromaterapi yang menyegarkan dan sama sekali
tidak menyengat.
·
Daya Tarik Transformasional
Kesaksian
beberapa kalangan tentang yang diambil secara acak tentang mendapat mereka yang
lebih memilih Fresh Care.
c.
Sumber Pesan
PT Ultra
Sakti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar